Sabtu, 17 September 2011

7 Waves ( Ombak Tujuh ) @ Ujung Genteng

 

Hii all...


Gw mao sharing lagi nih,tentang eksplorasi gw di Pantai Ujung Genteng. Perjalanan kali ini, gw menuju ombak tujuh. Yang katanya, pantai di sini tuh ombak nya bagus banget,gak kalah sama pantai-pantai yang lain yang ada di Indonesia. Dan juga pantai ini sering banget di jadiin tempat Surfing para bule-bule...cekidot!!


Pagi itu, sekitar jam 10.00 wib di hari Jum'at tanggal 31 Agustus 2011. Gw dan ketiga orang temen gw baru aja selesai membereskan tenda dan perlengkapan nasting. Sambil nyeruput segelas kopi dan ngeliat pemandangan Pantai Ujung Genteng yang saat itu lagi rame banget, karena saking banyak nya pengunjung yang memanfaatkan libur Lebaran sebagai long weekend.

"  Gilaa....!!ini pantai rame banget yak....", celetuk salah satu temen gw yang baru aja selesai mandi.
"Iya nih...pindah yuk!!"kata temen gw yang satunya....
"ke Ombak Tujuh aja??tapi gw gak tau jalannya...gimana, mao nekat gak nih???"kata gw.
"Ayo dehh...gw juga masih penasaran!!mudah-mudah an gak nyasar..."kata temen gw.
Akhirnya, gw dan temen - temen gw memutuskan untuk menuju kesana.


 
Kebetulan, gw sama temen-temen gw nge camp di Cibuaya, dekat penangakaran penyu. Gw sempet nanya sama warga sekitar, kalau mao ke Ombak Tujuh arahnya kemana??. Mereka bilang, kalau mau kesana tanpa Guide itu jalannya susah. Karena kondisi medan jalan nya itu rata-rata cuma jalan setapak, banyak semak belukar nya dan berbukit. Track nya masih agak rawan, karena jarang banget rumah penduduk. Sekalipun ada, jarak antara rumah satu ke yang lain nya berjauhan.
Sebenarnya sih, ada banyak orang yang menawarkan jasa sebagai Guide di sana. Mereka mau antar sampai ke lokasi Ombak Tujuh, yang kurang lebih memakan waktu sekitar 2,5 jam. Untuk per kelompok yang terdiri dari 6 orang, dikenakan biaya sekitar Rp. 150.000/ 1 guide. Kalau mau sekaligus nyewa motor nya juga bisa, biaya tambahan nya Rp. 25.000/ 1 unit motor. Berhubung gw dan teman-teman gak mau nyewa Guide, jadi gw dan ke tiga teman yang lain tetap nekat melanjutkan perjalanan.




Hmmmm...gak terasa udah sekitar 1 jam naik motor. Jalanan yang tadinya lumayan lebar sekarang jadi makin menyempit dan cuma cukup untuk di lewati untuk satu sepeda motor. Karena di sebelah kanan dan kiri jalan semak belukar nya tinggi banget, bahkan bisa sampai 1 meter an tinggi nya. Persediaan air mineral sudah makin menipis. Ditambah kondisi cuaca yang lagi kemarau. Membuat perjalanan jadi terasa semakin melelahkan. Sempat terpikir untuk mundur dan gak melanjutkan perjalanan ke sana.  Tapi tekat dan semangat yang tinggi gak menyulutkan perasaan hati untuk mundur dan menyerah begitu saja.
Ternyata benar apa yang di katakan oleh warga. Kondisi jalanan nya ekstrim. Butuh skill yang tinggi untuk Rider dan kekuatan sepeda motor yang mumpuni untuk bisa melewati jalan ini. Dan jasa Guide sangat di butuhkan agar tidak tersesat di jalan. Mengingat di jalan yang di lalui ini begitu banyak cabang dan jalan yang akhirnya buntu.




Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam, gw dan teman-teman akhirnya sampai di lokasi Ombak Tujuh. Pantai nya sepi banget, cuma terlihat beberapa nelayan yang lagi mancing kepiting di sekitar karang. Ombak nya memang sangat besar, dan memang cocok untuk lokasi surfing disini. Saat itu sekitar jam 3 sore. Kayak nya kondisi air laut nya sedang surut. Terlihat ada bekas garis pantai yang agak basah di sekitar bibir pantai. Gugusan karang nya pun bisa dilewati dengan berjalan kaki saja.


Gak sabar udah pengen menceburkan diri ke air laut yang sangat jernih, tapi ternyata kondisi air laut nya sangat dingin...hehehehehe...sampe gak kuat nahan dingin nya air laut, jadi berenang nya cuma sebentar aja.
 Di lokasi ini, gw dan teman-teman sempat mengabadikan beberapa foto dan video. Sebenarnya gw masih betah di lokasi ini. Karena suasananya yang tenang & cozy banget buat menenangkan pikiran. Tapi hari udah  mulai senja, gw dan teman - teman akhirnya balik ke Cibuaya dan berencana untuk nge camp disana lagi malam ini.




Oiya...sekedar tips dan informasi buat kalian yang ingin mengunjungi ke lokasi ini.
Pertama :  kalian bisa menyewa perahu boat untuk sampai ke lokasi ini, biaya nya kurang lebih Rp. 200.000 / Kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Kedua : Apabila kalian ingin menuju ke lokasi ini dengan mengendarai sepeda motor dan  menggunakan jasa Guide, pastikan kondisi sepeda motor kalian dalam keadaan yang prima dan bensin yang cukup. Jangan lupa sarapan agar stamina kalian terjaga.
Ketiga : Jangan lupaa!!!bawa perbekalan dan persediaan air mineral yang banyak supaya kalian gak dehidrasi, karena di lokasi Ombak Tujuh enggak ada penjual ( warung ) ataupun rumah warga.




Semoga informasi ini bermanfaat. See you..in a another adventure!!!!
Enjoy!!!!

3 komentar:

  1. Tulisannya enak dibaca karena bahasanya ringan ditambah lagi ada info soal transportasi dan apa yang harus disiapin kalau mau kesana. Cari tempat yang jarang di eksplore dan bikin tulisan lagi dong... siapa tau gue mau mampir juga kesana hehehe...

    BalasHapus
  2. terima kasih mba....nanti kalo saya eksporasi lagi pasti di share lagi deh di blog ini...hehehe

    BalasHapus